Sabtu, 01 Maret 2014

NASA Temukan Empat Planet Baru Layak Huni

Keberadaan planet-planet di luar tata surya satu per satu mulai terungkap. Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) baru-baru ini mengungkapkan temuan baru berupa ratusan planet yang berhasil direkam oleh pesawat luar angkasanya, Kepler.


Sebuah makalah yang diterbitkan oleh NASA pada Rabu (26/02), menyebutkan bahwa mereka telah menemukan 715 planet baru yang mengorbit di luar sistem tata surya. Penemuan ini semakin menambah jumlah deretan planet di luar angkasa menjadi 1700. Planet baru tersebut mengorbit di sekitar 305 bintang yang berbeda dan membentuk sistem multi planet dengan konstruksi yang sama dengan bumi.

Hampir semua planet tersebut memiliki massa lebih kecil dari Neptunus yang mempunyai ukuran hampir empat kali Bumi. Hanya empat planet yang memiliki ukuran kurang dari 2,5 kali dari Bumi. Keempat planet tersebut dikabarkan mengorbit di zona layak huni yang bisa dilalui matahari dan diduga memiliki sumber mata air berupa cairan.

"Itu merupakan planet-planet baru dengan sistem tata surya yang mirip dengan milik kita," ujar John Grunsfeld selaku pimpinan administrasi NASA. "Ini menandakan masa depan untuk dunia baru."

Penemuan baru ini diharapkan bisa membantu studi NASA untuk meneliti planet-planet lainnya yang layak huni bagai manusia. Dengan begitu mereka bisa mewujudkan misi membangun kehidupan lain di planet baru selain bumi. Saat ini NASA sedang mempersiapkan Mars sebagai hunian baru untuk manusia selain Bumi. (wk/er)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar